Sunday, October 19, 2014

MENGENANG FOTOGRAFI ANALOG - test with Canon AE1 Program

Di era digital sekarang ini memotret dengan kamera manual dan menggunakan media film seluloid semakin kurang populer. Buat saya fotografi analog merupakan hal yang sangat penting untuk belajar foto. Beruntung saya masih bisa mencicip sedikit era dimana saya harus belajar fotografi menggunakan kamera film, kira-kira sepuluh tahun yang lalu ketika saya di bangku kuliah. 

Pelajaran teori dasar fotografi, tehnik panning, freeze, slow speed dan lainnya tentu teori yang sudah sangat dikenal di fotografi. Namun tantangannya adalah semua itu dilakukan dengan kamera film analog. File tidak bisa dihapus, tidak bisa dilihat langsung di lcd, jadi kita betul-betul belajar dari praktek. Saya masih ingat ketika saya dan teman - teman saya mengerjakan tugas memotret di pasar ikan, dan masing - masing menghabiskan satu rol film. Ketika melihat hasilnya saya sangat kecewa, karena dari semua film yang saya gunakan hanya satu gambar yang bisa dilihat, itupun masih blur. Itu rol film pertama saya dan sunggguh sangat berkesan.

Banyak hal yang saya dapat dari kelas fotografi dulu, termasuk mengolah foto di kamar gelap. Pengalaman mencelup kertas foto di bahan kimia dan melihat gambarnya timbul itu merupakan sensasi yang menyenangkan. Sayangnya sekarang saya sudah lupa detil dari proses tersebut. Memang perlu diakui saya generasi yang hidup sudah di jaman digital dan hanya mencicip sedikit dari era film ini.

hasil cetak tugas kuliah dulu, komposisi dasar, bentuk, slow speed, freeze, film cross prosess, film positif/slide.


Namun sekarang ada rasa ingin menggali lebih lagi dan mencoba mengingat apa yang dulu sudah dipelajari. Fotografi film memang memiliki daya tarik tersendiri. Sebenarnya berawal dari saya membeli kembali kamera-kamera analog tua, karena sekedar senang mengoleksi kamera dengan bentuk dan tampilannya yang otentik. Namun lama kelaman saya dan beberapa teman jadi kembali memotret menggunakan film. Mungkin sekedar sayang karena sudah beli, dan tentunya ada rasa penasaran merasakan lagi foto menggunakan film.

Kamera terbaru yang saya beli dan saya gunakan untuk upload hasil di postingan ini. Canon Ae1 Program.

Setelah beberapa hari berkeliling membawa kamera ini kemanapun, akhirnya saya menghabiskan 2 rol film untuk saya tes. yang pertama saya menggunakan film Kodak Gold 200, dan yang ke dua saya memakai film Illford Pan 400. Hasilnya cukup memuaskan setelah lama sekali tidak pernah memotret dengan film. Buat saya, karakter gambar dari sebuah media film seluloid sungguh tidak tergantikan dengan kamera digital. Mungkin tidak semua dapat merasakan hal yang sama, atau mungkin memang tergantung pada selera masing-masing :)


Kodak Gold 200 (klik untuk ukuran besar)

Ilfoord Pan 400 with B+W red filter (klik untuk ukuran besar)

Semua hasil tidak diedit, hanya menambah kontras pada foto hitam putih. Hanya melalui proses cuci lab dan scan film. Untuk saat ini di Jakarta bisa dikatakan sangat jarang lab dan studio foto yang masih menerima proses cuci cetak film negatif 35mm, apalagi film 120 atau 135. Namun setelah melewati semua proses itu saya sangat puas, setidaknya bahagia bisa melihat hasil foto saya setelah beberapa hari memotret tidak bisa melihat hasil. Sekarang bukan sekedar mengenang dan kembali terkenang, ada rasa ingin lebih menggali dan membuat karya yang lebih. Ingin belajar bagaimana proses cuci film sendiri. Mungkin kebanyakan mau dan besok lupa :p maklum namanya juga lagi semangat.

Semoga ada yang tertular dan kembali memotret film bersama #filmisnotdead


notes:
- proses cuci scan masih bisa dilakukan di foto Praga - jl.Tanjung Duren Raya 363 telp 5670318
- film dapat dibeli di Pasar Baru: Toko MLM, Kurnia, dan toko sekitarnya.
- boleh berbagi info untuk tempat proses cuci film di jakarta dan sekitarnya

7 comments:

  1. Fotografi emang asyik yah mas mantap dah ^-^

    ReplyDelete
  2. hai kak salam kenal, aku Risa, aku jugatertarik banget sama kamera analog, ini kameranya juga baru dateng hihihi, daan masih canggung banget karena baru pertamakali pegang kamera analog, makasih artikelnya bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  3. Saya keracunan buat main kamera film, gara-gara baru punya dslr pertama dan langsung jatuh cinta sama yg namanya fotografi. Pengen belajar lebih dalam, dan banyak baca kalau katanya belajar lewat kamera film lah yg paling tepat. #filmrevival

    ReplyDelete
  4. Saya Wahyu Sulaiman asal Batam. beberapa waktu yang lalu saya membeli banyak kamera analog dari singapore, mengingat saya juga pernah tergabung di komunitas pecinta kamera analog yang bernama KLASTIK BATAM.

    Saya sering hunting momentum dan panorama di seputaran Batam. hanya kali ini saya butuh dana untuk hal yang penting, untuk itu kepada teman-teman atau mungkin berkenan membeli /menawarkan koleksi kamera analog saya. untuk dapat melihat koleksi kamera saya, akan saya kirimkan gambar-gambarnya.

    Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam Hormat

    contact person : 0812-23100059 / 0812-75528955

    ReplyDelete
  5. Saya Wahyu Sulaiman asal Batam. beberapa waktu yang lalu saya membeli banyak kamera analog dari singapore, mengingat saya juga pernah tergabung di komunitas pecinta kamera analog yang bernama KLASTIK BATAM.

    Saya sering hunting momentum dan panorama di seputaran Batam. hanya kali ini saya butuh dana untuk hal yang penting, untuk itu kepada teman-teman atau mungkin berkenan membeli /menawarkan koleksi kamera analog saya. untuk dapat melihat koleksi kamera saya, akan saya kirimkan gambar-gambarnya.

    Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam Hormat

    contact person : 0812-23100059 / 0812-75528955

    ReplyDelete
  6. Dear kak fery, foto2nya sangat inspiratif.

    Saya mau tanya kak, saya butuh informasi mengenai agen yang menjual roll film bekas atau kosong, kalau ada pabriknya pun tidak apa. tolong direply ke email saya saja. Yessi_aristyani@hotmail.com terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  7. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF & INFO VALID :

    1. FILM BEKAS OFFSET / PERCETAKAN KORAN :
    FILM NEGATIVE 35000/KG
    FILM POSITIF 5000/KG

    2. CAIRAN FIXER BEKAS RP. 10000/LITER
    ( SAMPEL HARUS SY TERIMA UNTUK DITES )

    3. PLASTIK BEKAS RONTGEN RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    4. KONTAKTOR LISTRIK BEKAS RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    5. BREAKER LISTRIK RP. 8000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    6. PLASTIK KEYBOARD KOMPUTER ( YG ADA JALUR ) RP.30000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    7. RELAY BEKAS RP.15000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    8. KOMPONEN MESIN : PCB , PANEL PAPAN RP.3000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    9. KEPALA RESLETING / KEPALA GESPER / MIKRON WARNA KUNING
    ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG , APA BAHANNYA & SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    10. PANEL TELKOM RP.17000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    11. MODUL NOKIA / ERICSSON / HUAWEI ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAHNYA )

    12. PANEL JARUM / PAPAN JARUM “ ADA TULISAN SIDE 1 & SIDE 2 “ ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAH BRP KG )

    13. STAINLESS LAPISAN PERAK / PLATING ( BEKAS PERALATAN DAPUR HOTEL / MASKAPAI PENERBANGAN ) “ SEBUT JUMLAH ADA BRP KG & HARGA JUAL LANGSUNG “

    14. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.


    15. DIBELI KAYU GAHARU ASLI ALAM / KAYU GAHARU TENGGELAM ! ! ! SEBUTKAN NAMA JENIS KAYU GAHARU TSB , HARGA JUAL , JUMLAHNYA , BARANG LEGAL .. SAMPEL HARAP KIRIM KERUMAH SAYA ( JANGAN CUMA MODAL GAMBARNYA DOANK.. )

    16. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.


    17. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    18. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, TOWER BTS TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.


    19. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, GENSET,( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    20. DIBELI HARGA MIRING & INFO VALID :
    RINSO KILOAN
    PEWANGI PAKAIAN
    SABUN MANDI
    KECAP ABC / BANGO / SEDAAP
    POP ICE
    ODOL
    TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU
    MINYAK GORENG REFILL
    MARGARIN KILOAN
    OLI MESIN BARU ( BARANG RESMI & BUKAN CURIAN )
    SUSU KALENG INDOMILK / BENDERA
    KEJU KRAFT CHEDDAR / PROCHIZZ BATANGAN

    21. DIBELI GELAS PLASTIK 8/10/12/14/16oz ( BEKAS PABRIK BANGKRUT / USAHA BUBBLE ICE BANGKRUT / GUDANG BANGKRUT / SALAH CETAK , MINIMAL GRAMATUR 1 GELAS = 8 KEATAS , SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    22. DIBELI KULIT KABEL “ PE GILA “ ( SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    23. DIBELI PLAT BAJA TEBAL 1,5 – 2 & 3 MM ( TDAK MELAYANI INFO ABAL2 , SAMPEL HARUS SY TERIMA , DOKUMEN LENGKAP , BARANG LEGAL )

    24. DIBELI CHIKI , BISKUIT , MIE KERING , SUSU BUBUK / CAIR , ROTI KERING YANG KADALUARSA ( SAMPEL HARUS SY TERIMA , BARANG DIANTAR KE TEMPAT SY )

    25. DISEWAKAN DUMPTRUK KAPASITAS 24M3 , 2012 UP , KHUSUS SEWA BULANAN ( KIRIM LOI ANDA KE EMAIL SY : pengusaha21@gmail.com )


    >>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
    1. DIJUAL KAYU GAHARU TENGGELAM , AB , KEMEDANGAN , CHIPS , DEKOR , DLL

    KETERANGAN:
    SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG..
    KIRIM GAMBAR & DATA LENGKAP..
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS YANG CUMA CEK HARGA..

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    DHONY & TEAM

    ReplyDelete