Wednesday, December 10, 2014

BUBU DI BAWAH LAUT ALOR

Postingan kali ini khusus tentang Bubu, jadi berikut adalah foto-foto saya tentang Bubu yang bertebaran di perairan bawah laut Alor.


Bubu adalah salah satu alat tradisional yang dipakai untuk menangkap ikan di Alor. Jenis Bubu ini adalah Bubu yang diletakan di dasar laut sebagai perangkap ikan.

Bubu terbuat dari bambu dan memiliki bentuk unik, umumnya berbentuk silindris dan terdapat lubang tidak terlalu besar untuk menangkap ikan konsumsi di daerah karang.

Umumnya Bubu diletakan tidak terlalu dalam dari permukaan agar mudah diambil. Karena berbahan ringan Bubu biasanya diletakan dan diikat dengan pemberat batu dari darat.

Sebuah pemandangan cantik! Sepasang ikan badut yang nampak canggung difoto dengan background Bubu. Ikan ini sering kita sebut Nemo sesuai nama di karakter film yang terkenal, Nemo.

Ternyata sudah tidak canggung yang satu ini, kemanapun saya pergi saya diikuti oleh yang satu ini. Mungkin dia mau minta lihat hasil foto barusan. Tenang saja kawan fotomu keren!

Ketika menyelam di Alor, mudah sekali menemukan Bubu di banyak spot. Memang Bubu sangat populer di kalangan masyarakat Alor. Namun tidak jarang ikan hias atau ikan yang masih kecil ikut masuk perangkap, akan tetapi masyarakat di sini hanya mengambil ikan layak makan dan mengembalikan ikan yang tidak sesuai atau yang mereka tidak ingin makan. Wow, cukup unik bukan!?

 Seiring dengan adanya penyuluhan sekarang ini masyarakat lokal meletakan Bubu di atas karang mati atau karang keras yang berbatu, atau daerah pasir. Menurut saya mereka cukup peduli dengan laut mereka, kenapa tidak, laut itu sumber penghasilan mereka dan tempat mereka mencari makan. Dengan jumlah yang tidak masif dan untuk urusan perut masyarakat setempat, menurut saya inilah kearifan lokal :)

Selain berbentuk silindris, ada beberapa Bubu yang berbentuk kubus. Yang ini dimana letak lubangnya ya... ah saya kurang memperhatikan.

Buat saya, Bubu ini spesial. Saya ini orangnya visual banget. Umumnya akan sulit membedakan lokasi foto bawah laut tanpa melihat judul atau keterangan foto. Buat saya ketika melihat gambar karang indah dan ada Bubu, sangat besar kemungkinan itu adalah Alor

Diver dan fotografer bawah laut profesional Pinneng yang tiba-tiba datang menawarkan diri menjadi model untuk mengisi ruang kosong komposisi. Memang fotografer mengerti apa yang dibutuhkan fotografer. Thanks buddy!


always snap bubu before bubu snap you - @ferryrusli

5 comments:

  1. Omaga omaga kece bener, ngak terlalu dalam yaaaa. Ini snorkling aja dah bisa liat keindahan ini kan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alor the best lah dan yes betul mas cumi, ga pake dalem kalo liat bubu mah.. krn nelayan juga ngambil ikannya ga diving kan. thx udah mampir cumi

      Delete
  2. Biasa ikan gede yg ditangkep ikan ap aj tuh pak?

    ReplyDelete